Jumat, 06 April 2012



Berikut ini adalah kuis untuk mengetahui gaya belajar seseorang yang saya kutip dari buku Genius Learning Strategi karangan Adi W. Gunawan semoga bermanfaat….
Pilihlah pernyataan berikut yang paling cocok dengan kondisimu.
  1.  Saya lebih suka mendengarkan informasi yang ada di kaset daripada membaca buku.
  2. Jika mengerjakan sesuatu, saya selalu membaca instruksinya terlebih dulu. 
  3. Saya lebih suka membaca daripada mendengarkan kuliah/penjelasan.
  4. Saat seorang diri, saya biasanya memainkan music/ lagu atau bernyanyi
  5. Saya lebih suka berolahraga daripada membaca buku.
  6. Saya selalu dapat menunjukkan arah utara atau selatan dimanapun saya berada.
  7. Saya suka menulis surat, jurnal atau buku harian.
  8. Saat berbicara, saya suka mengatakan “Saya mendengar anda, itu terdengar bagus, itu bunyinya bagus.”
  9. Ruangan, meja, mobil atau rumah saya biasanya berantakan/tidak teratur.
  10. Saya suka merancang, mengerjakan dan membuat sesuatu dengan kedua tangan saya.
  11. Saya tahu hampir semua kata dari lagu yang saya dengar.
  12. Ketika mendengar orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang mereka katakana dalam pikiran saya.
  13. Saya suka olahraga dan rasanya saya adalah olahragawan yang baik.
  14. Mudah sekali bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saya saat berbicara di telepon.
  15. Tanpa music, hidup amat membosankan.
  16. Saya sangat senang berkumpul dan biasanya dapat dengan mudah berbicara dengan siapa saja.
  17. Saat melihat obyek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali obyek yang sama walaupun posisi obyek itu diputar/diubah.
  18. Saya biasanya mengatakan, “Saya rasa, saya perlu menemukan pijakan atas hal ini, atau saya ingin bisa menangani ini.”
  19. Saat mengingat suatu pengalaman, saya seringkali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar di dalam pikiran saya.
  20. Saat mengingat suatu pengalaman, saya seringkali mendengat suara dan berbicara pada diri saya mengenai pengalaman itu.
  21. Saat mengingat suatu pengalaman, saya seringkali ingat bagaimana perasaan saya terhadap pengalaman itu.
  22. Saya lebih suka music daripada seni lukis.
  23. Saya sering mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam suatu pertemuan/rapat.
  24. Saya lebih suka melakukan contoh peragaan daripada membuat laporan tertulis atas suatu kejadian.
  25. Saya lebih suka membacakan cerita daripada mendengarkan.
  26. Saya biasanya berbicara dengan perlahan.
  27. Saya lebih suka berbicara daripada menulis.
  28. Tulisan tangan saya biasanya tidak rapi.
  29. Saya biasanya menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca.
  30. Saya dapat dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya.
  31. Saya suka mengeja dan saya pintar mengeja kata-kata.
  32. Saya akan sangat terganggu apabila ada orang yang berbicara pada saat saya sedang menonton TV.
  33. Saya suka mencatat perintah/instruksi yang disampaikan pada saya.
  34. Saya dapat mengingat dengan mudah apa yang orang katakan.
  35. Saya paling mudah belajar sambil mempraktekkan/melakukan.
  36. Sangat sulit bagi saya untuk duduk diam dalam waktu yang lama.
setelah memilih beberapa poin yang sesuai dengan cara belajarmu. sebelum kamu bisa mengidentifikasi gaya belajarmu dengan melihat keterangan dibawah ini:

Gaya Belajar
Poin yang sesuai
Total
Visual
2, 3, 6, 7, 12, 17, 19, 23, 25, 30, 31, 33

Auditori
1, 4, 8, 11, 14, 15, 16, 20, 22, 27, 32, 34

Kinestetik
5, 9, 10, 13, 18, 21, 24, 26, 29, 35, 36


 caranya yaitu dengan menjumlahkan total dari poin yang dipilih yang paling banyak adalah jenis gaya belajar yang paling dominan denganmu.
misalkan : kamu memilih no 2, 3, 4, 7, 20, 12 dari poin yang dipilih kamu lebih memilih poin visual dengan skor 4 (berdasarkan nomor yang dipilih).
Selamat mencoba!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar