Selasa, 06 September 2011

IDUL FITRI

Momen lebaran sering dikaitkan dengan baju baru, bertemu dengan teman baru dan makanan yang enak-enak. Tanpa kita sedari sebenarnya maknanya itu lebih dari sekedar itu, justru tugas yang utamanya akan terasa berat. Idul fitri adalah Hari dimana kita harus saling berbagi dan saling memaafkan yang sebelumnya harus melalui puasa selama sebulan untuk menebus dosa-dosa kita sehingga nantinya kita akan kembali suci seperti awal ketika dia dilahirkan. Kata-kata minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin sering kita ucapkan tapi kita tidak benar-benar tahu maknanya. Kita harus bisa menghilangkan rasa benci kita kepada orang-orang yang telah melukai kita dengan saling memaafkan. Kuncinya hanya satu, yaitu menyadari bahwa manusia tidak ada yang sempurna di dunia ini dan pasti kita akan berbuat kesalahan sehingga kita juga harus bisa memaafkan karena kita juga pasti punya salah. Memang terlhat mudah bila diucapkan tapi tidak semudah dilakukan.
Sampai saat ini aku juga masih agak kesulitan untuk memaafkan orang lain yang telah melukaiku. Tapi aku berusaha dan selalu berusaha dengan mengingat keburukanku sendiri. Bagiku lebaran kali ini akan aku manfaatkan sebaik-baiknya dengan bersilaturahmi dengan orang-orang yang aku jarang bertemu seperti teman-teman lamaku dan saudara jauhku. Memang benar jika Hari Raya Idul Fitri adalah Hari Kemenangan tapi tidak semua orang bisa merasakan kemenangan yang dimaksud itu. karena kemenangan yang dimaksud itu adalah kemenangan bagi orang yang dapat menang melawan hawa nafsunya ketika berpuasa, menang melawan rasa egoisnya dengan memaafkan kesalahan orang lain, menang melawan rasa iri dengkinya terhadap orang lain dan menang membagi kasih sayang dan kepeduliannya terhadap sesama. Mungkin hanya sedikit orang yang benar-benar merasakan kemenangan seperti ini saat Idul Fitri.
Hari Raya Idul Fitri memang merupakan suatu ajang untuk menghapus dosa tapi bukan berarti setelah Lebaran nanti kelakuan kita akan kembali seperti semula atau bahkan bertambah buruk. Melainkan seharusnya akan bertambah baik karena semakin usia bertambah semakin sedikit pula kesempatan kita untuk menikmati lebaran lagi. Berubah menjadi lebih baik akan menambah kebaikan yang banyak pula untuk kita bahkan kita bisa merasakan kemenangan dalam diri kita bukan hanya ketika lebaran saja tapi bisa setiap saat dan setiap waktu. AMIEN.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar