Selasa, 22 Januari 2013

CONTOH MODEL PEMBELAJARAN DI ACTIVE LEARNING


Setting Class Ground Rules (Menetapkan Aturan Kelas)
Prosedurnya:
1.        Dapatkan sejumlah kecil sukarelawan yang bertugas sebagai pewawancara
2.      Selama 10-15 menit pewawancara mengelilingi seluruh kelas untuk mengadakan kontak dengan siswa lain selama kurun waktu yang telah diberikan.
3.       Lalu mintalah para pewawancara melaporkan penemuan-penemuan mereka
4.      Guru mendengarkan pendapat-pendapat dari siswa untuk membuat sejumlah aturan dasar dan menganalisis penemuan dengan mencari tumpang tindih daftar dan mengonsolidasi daftar.
Materi yang bisa diterapkan Mapel PKn materi membuat tata tertib.

Teknik Tru or False
Prosedur:
1.        Guru membuat pernyataan isi dan pernyataan tersebut benar dan salah
2.      Guru membagi siswa tersebut sesuai dengan jumlah siswa
3.       Siswa diminta untuk menentukan kertas yang diterimanya itu benar atau salah
4.      Kemudia membentuk kelompok besar yang terdiri dari kelompok benar dan salah
5.       Kemudian pernyataan yang dibawa dibacakan apakah benar siswa tersebut termasuk dalam kelompok benar salah.

College Ball (Permainan Bola Guling)
Prosedurnya:
1.        Kelompokkan peserta didik ke dalam tim yang terdiri dari 3 atau 4 orang. Masing-masing tim dimohon memilih nama misalnya sebuah tim sepak bola nasional.
2.      Berilah setiap peserta didik kartu indeks. Peserta didik memegang kartunya untuk menunjukkan bahwa mereka menginginkan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan. Format permainan adalah undian: setiap kelompok menyampaikan pertanyaan, setiap anggota tim dapat menunjukkan keinginan untuk menjawab.
Keterangan    :   Dalam hal ini, peserta didik dapat juga menyampaikan sebuah pertanyaan untuk dijawab anggota tim yang lain namun untuk taraf siswa SD lebih baik guru yang menyampaikan pertanyaannya agar pembelajaran lebih terarah.
3.       Jelaskan aturan-aturan berikut ini:
a.   Untuk menjawab pertanyaan angkat kartumu
b.  Kamu dapat mengangkat kartumu sebelum pertanyaan secara penuh disampaikan jika kamu merasa mengetahui jawabannya.
4.      Untuk setiap respon anggota yang benar, akan diberikan skor satu point dan dituliskan pada papan tulis. Ketika seseorang menjawab dengan salah, tim yang lain dapat menjawabnya (mereka dapat mendengarkan seluruh pertanyaan jika tim lain menginterupsi bacaan)
5.       Setelah semua pertanyaan dilontarkan, hitunglah skor keseluruhan dan umumkan pemenangnya.
6.       Berdasarkan respon atas permainan, lakukan peninjauan ulang materi yang tidak jelas atau yang memerlukan penguatan kembali.

The Great Wind Blows
Prosedur:
1.        Aturlah sebuah lingkaran kursi
2.      Beritahukanlah kepada siswa, jika mereka sepakat dengan pernyataan anda, maka mereka harus pindah kursi.
3.       Berdiri ditengah-tengah lingkaran kursi dan katakana : “Nama saya …… dan The Great Wind Blows bagi setiap orang  …..”. Pilihlah sebuah akhir/tujuan yang mengikuti akan diterapkan kepada hampir setiap orang dikelas, seperti “menyukai mobil”.
4.      JIka ada orang yang menyukainya maka dia berdiri dan berlari ke kursi lain yang kosong. Siswa yang tidak mempunyai tempat duduk dia yang akan menggantikan kamu di tengah lingkaran.
5.       Lalu siswa tersebut akan melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan.
6.       Mainkan permainan tersebut sesering mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar