Setting
Class Ground Rules (Menetapkan Aturan Kelas)
Prosedurnya:
1.
Dapatkan sejumlah kecil sukarelawan yang
bertugas sebagai pewawancara
2.
Selama 10-15 menit pewawancara mengelilingi
seluruh kelas untuk mengadakan kontak dengan siswa lain selama kurun waktu yang
telah diberikan.
3.
Lalu mintalah para pewawancara melaporkan penemuan-penemuan
mereka
4.
Guru mendengarkan pendapat-pendapat dari siswa
untuk membuat sejumlah aturan dasar dan menganalisis penemuan dengan mencari
tumpang tindih daftar dan mengonsolidasi daftar.
Materi yang bisa diterapkan Mapel PKn materi
membuat tata tertib.
Teknik Tru or False
Prosedur:
1.
Guru membuat pernyataan isi dan pernyataan
tersebut benar dan salah
2.
Guru membagi siswa tersebut sesuai dengan jumlah
siswa
3.
Siswa diminta untuk menentukan kertas yang
diterimanya itu benar atau salah
4.
Kemudia membentuk kelompok besar yang terdiri
dari kelompok benar dan salah
5.
Kemudian pernyataan yang dibawa dibacakan apakah
benar siswa tersebut termasuk dalam kelompok benar salah.
College Ball (Permainan Bola Guling)
Prosedurnya:
1.
Kelompokkan peserta didik ke dalam tim yang
terdiri dari 3 atau 4 orang. Masing-masing tim dimohon memilih nama misalnya
sebuah tim sepak bola nasional.
2.
Berilah setiap peserta didik kartu indeks.
Peserta didik memegang kartunya untuk menunjukkan bahwa mereka menginginkan
kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan. Format permainan adalah undian:
setiap kelompok menyampaikan pertanyaan, setiap anggota tim dapat menunjukkan
keinginan untuk menjawab.
Keterangan : Dalam
hal ini, peserta didik dapat juga menyampaikan sebuah pertanyaan untuk dijawab
anggota tim yang lain namun untuk taraf siswa SD lebih baik guru yang
menyampaikan pertanyaannya agar pembelajaran lebih terarah.
3.
Jelaskan aturan-aturan berikut ini:
a.
Untuk menjawab pertanyaan angkat kartumu
b. Kamu
dapat mengangkat kartumu sebelum pertanyaan secara penuh disampaikan jika kamu
merasa mengetahui jawabannya.
4.
Untuk setiap respon anggota yang benar, akan
diberikan skor satu point dan dituliskan pada papan tulis. Ketika seseorang
menjawab dengan salah, tim yang lain dapat menjawabnya (mereka dapat mendengarkan
seluruh pertanyaan jika tim lain menginterupsi bacaan)
5.
Setelah semua pertanyaan dilontarkan, hitunglah
skor keseluruhan dan umumkan pemenangnya.
6.
Berdasarkan respon atas permainan, lakukan
peninjauan ulang materi yang tidak jelas atau yang memerlukan penguatan
kembali.
The Great Wind Blows
Prosedur:
1.
Aturlah sebuah lingkaran kursi
2.
Beritahukanlah kepada siswa, jika mereka sepakat
dengan pernyataan anda, maka mereka harus pindah kursi.
3.
Berdiri ditengah-tengah lingkaran kursi dan
katakana : “Nama saya …… dan The Great Wind Blows bagi setiap orang …..”. Pilihlah sebuah akhir/tujuan yang
mengikuti akan diterapkan kepada hampir setiap orang dikelas, seperti “menyukai
mobil”.
4.
JIka ada orang yang menyukainya maka dia berdiri
dan berlari ke kursi lain yang kosong. Siswa yang tidak mempunyai tempat duduk
dia yang akan menggantikan kamu di tengah lingkaran.
5.
Lalu siswa tersebut akan melakukan hal yang sama
seperti yang anda lakukan.
6.
Mainkan permainan tersebut sesering mungkin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar